10 Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan



Cuaca di Indonesia, khususnya Jakarta bisa dibilang tidak menentu  kadang panas dan bisa tiba-tiba hujan deras. Kondisi ini kadang membuat pengendara tidak sempat mempersiapkan diri saat hujan. Guna menavigasi jalan yang basah, ada 10 Tips mengendarai mobil saat hujan  dari dealer mobil jakarta yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dengan selamat. Mau tau apa sajakah tips itu ? silahkan cermatilah 10 tips di bawah ini :


1.Persiapkan perjalanan anda
Mengemudi saat hujan memerlukan perlakuan yang hati-hati terhadap alat-alat penting dalam mengemudi – stir – (clutch), rem dam pedal gas – dan kemungkinan kesalahan lain yang bisa terjadi. Saat anda memulai perjalanan dalam kondisi hujan, alas sepatu anda bisa saja basah dan licin saat menginjak pedal gas. Keringkan alas sepatu anda sebelum mulai mengemudi. Lakukan pengecekan rutin pada fungsi lampu besar, lampu samping, lampu rem dan sistim indicator bekerja dengan baik.

2. Periksa tekanan ban
 Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

3 .Periksa keadaan mobil Anda sebelum bepergian
Periksalah rem, kemudi, tingkat cairan/level cairan (aki, air radiator, oli, bensin dan sebagainya), tekanan ban dan kedalaman ban, serta penghangat agar kendaraan Anda siap untuk menghadapi hujan deras.

4. Pastikan wiper dalam kondisi dan berfungsi dengan baik
Jika karet wiper rapuh atau rusak, lebih baik menggantinya dengan yang baru sebelum turun hujan. Hujan lebat dapat mengganggu wiper anda, air hujan yang deras akan menutup kaca depan mobil anda. Saat pendangan menjadi terbatas dan anda tidak dapat melihat bahu jalan atau kendaraan lain dengan jarak yang aman, saatnya anda untuk menepi dan menunggu hujan reda. Berhentilah pada tempat yang aman dan tepat. Bila harus berhenti di bahu jalan, berhentilah secepatnya dan tunggu hingga badai mereda. Tetap nyalakan lampu besar dan lampu hazard agar mudah terlihat kendaraan lain.
5. Kecepatan Stabil
Paculah kendaraan Anda dengan kecepatan yang stabil, sesuai kondisi jalan dengan jarak pandang  yang aman.

6.Hindari mengebut
Saat hujan turun, air akan bercampur dengan kotoran, minyak yang membuat jalan menjadi licin dan mudah tergelincir. Cara terbaik menghindarinya dengan mengemudi perlahan-lahan. Hal ini akan mempermudah ban anda menyesuaikan dengan perubahan cuaca, untuk daya cengekeram lebih baik.

7 .Nyalakan Lampu Utama
Waktu debit hujan deras, jangan segan menyalakan lampu utama (day time) atau lampu kecil untuk meningkatkan kewaspadaan kendaraan di sekitar kita. Jangan menggunakan lampu hazards! Lampu ini hanya akan mengganggu pengemudi lain, apalagi kalau mau berbelok.  Arah mobil tidak bisa ditebak karena sein tidak berfungsi. Lampu ini hanya digunakan dalam kondisi darurat!

8. Hindari rem mendadak
Sangat dianjurkan untuk menginjak rem secara perlahan-lahan. Jika anda menginjak rem hingga limit, ada kemungkinan mobil akan selip. Lebih baik jika Anda mengerem secara bertahap sebelum benar-benar berhenti.

9. Perhatikan jarak rem
Saat hujan, mobil membutuhkan jarak lebih panjang untuk diperlambat lajunya. Kalau biasanya butuh jarak dua detik dengan kendaraan di depan, coba kalikan dua jadi empat detik guna memperpanjang jarak rem.

10.Mengendalikan movil saat tergelincir
Tergelincir dapat terjadi pada semua pengemudi. Apabila anda mengalaminya, ingatlah untuk tidak menginjak rem mendadak. Jangan menginjak rem berulang-ulang bila mobil ande dilengkapi anti-lock braking system (ABS). Melainkan, injaklah rem dengan hati-hati dan tekanan yang tepat agar stir dan rem dapat menyesuaikan dengan keadaan saat tergelincir.

THANKS TO " IQBAL MAULANA "


Dikirim Melalui : " Send Your Article "
Dikirim Oleh : Iqbal Maulana
Link Blog : http://indolokbaktiutama.blogspot.com/ 

Deskripsi : 
iqbal maulana yang mau tau tentang saya silahkan follow @iq_balle

16 komentar

  1. waahh..mantap tipsnya sob,sayang ane ga punya mobil,moga jha ya bisa belia,...hahaa..amin,..nice share sob,.. :)

    oia sob,poin no.10 kyknya ada yang kliru dech :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Misbahudin
      Amiiinn....saya do'akan sob
      yang no.10 kayaknya agak keliru gan.Segera saya edit nih
      Terimakasih terlah memberitahu :)

      Hapus
  2. Hehe...ea bener apa kata mas sudirman..smoga bis baca artikel ini..bisa punya mobil...hehe
    Nice info mas... keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @budi os
      Amiinnn....semoga betul-betul dapat mobil ya gan :)

      Hapus
  3. terima kasih artikelnya sob !
    sungguh bermanfaat sekali..
    ditunggu kunjungan baliknya :D


    #Semoga Sehat Selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Darmawan Saputra
      Sama-sama.Kunjungan segera datang :)

      Hapus
  4. info yang sangat bagus gan buat saya yabg seribg berpergian dengan kendaraan.
    kalau sempat mampir juga gan ke blog saya,

    BalasHapus
  5. @sepriyanto
    Iya gan...sebentar lagi pasti akan berkunjung ke tempat agan :)

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. @Aziz Adi Sasmita
      Terimakasih atas dukungannya gan :)

      Hapus
  7. info bagus sobat... apalagi untuk daerah jakarta seperti saya,.. aduuh, kacau kalau pas ramee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @apink
      Iya gan...semoga kepadatan di Indonesia khususnya jakarta bisa diatasi jumlahnya :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. @penyebab jantung koroner
      Sama-sama gan :)

      Hapus
  9. mantap banget nih gan infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @penyebab depressi
      Terimakasih gan :)

      Hapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb