10 Cara Menambah Pengunjung Blog Anda


Kalau Anda ingin sukses berbisnis di internet, salah satu syaratnya adalah memiliki sebuah situs atau blog yang memiliki banyak pengunjung (high traffic). Dengan banyaknya traffik pengunjung, kemungkinan Anda untuk sukses semakin besar.
Dengan memiliki pengunjung yang melimpah, Anda bisa mendapatkan penjualan yang lebih banyak. Dengan memiliki pengunjung yang berlimpah, Anda bisa menawarkan spot iklan yang lebih mahal dibanding situs atau blog yang ber-traffik rendah.
Nah kalau begitu pertanyaannya adalah :
Bagaimana cara meningkatkan traffik situs atau blog Anda?
Jawaban dari saya :
Ada banyak sekali, saya sendiri menerapkan belasan cara untuk meningkatkan traffik menuju situs-situs dan blog-blog saya.
Dan berita baiknya… saya akan membagikan sebagian caranya kepada Anda
OK, kalau gitu kita mulai tips-tipsnya (saya fokuskan untuk blog).

1.Pergunakan nama domain yang mudah diingat
Jika Anda ingin meningkatkan traffik, usahakan untuk memiliki nama domain sendiri.
Jika Anda ingin situs atau blog Anda sukses dengan besar, maka yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah nama Anda. Sama dengan kalau Anda ingin menjadi selebritis, nama Anda harus mudah diingat orang.
Mana yang lebih mudah diingat oleh Anda:
  • namaAnda.com atau namaAnda.wordpress.com atau namaAnda.blogspot.com atau namaAnda.domainTertentu.com?
Saya rasa semua menjawab namaAnda.com.
Nah sekarang pertanyaannya mana yang lebih mudah diingat oleh pengunjung situs Anda? Dan mana yang akan lebih mereka sukai untuk dikunjungi? [yang pada akhirnya akan membuat traffik lebih tinggi]
Saya rasa jawabannya akan tetap sama, namaAnda.com.
Karenanya, usahakan untuk memiliki sebuah domain sendiri. Para pengunjung akan cenderung lebih mengingat nama yang pendek dan mereka akan lebih suka berkunjung ke situs yang memiliki nama yang pendek.
Jangan biarkan mereka lari hanya karena nama situs/blog yang terlalu panjang.

2.Tulis artikel-artikel pillar
Yang dimaksud artikel-artikel pillar adalah artikel-artikel yang berfungsi sebagai sebuah “pillar/penyangga” traffik situs Anda.
Artikel-artikel ini biasanya sebuah artikel yang bertipe “list”, seperti 10 Tips Meningkatkan traffik, 5 Blog Teknologi Terbaik, Definisi Internet Marketing, dan sejenisnya.
Tipe-tipe artikel pillar seperti akan menarik traffik bagai magnet menarik besi, karena orang-orang akan selalu mencari artikel-artikel seperti ini. Orang-orang selalu butuh informasi tentang definisi dari suatu hal, atau 10 daftar terbaik untuk xxxxxxx atau sejenisnya.
Beda dengan artikel yang bercerita tentang pengalaman pribadi, orang-orang tidak terlalu tertarik dengan artikel-artikel seperti itu. Mungkin tertarik, tapi akan dilupakan — dan akhirnya tidak dikunjungi lagi, dan tidak direferensikan kepada orang lain.
Intinya : artikel-artikel yang selalu dicari-cari orang dan membuat orang lain ingin mengunjunginya berkali-kali PLUS menyebarkannya kepada orang lain.

 3.Rajinlah mengupdate postingan
Salah satu tips terpenting untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog Anda adalah dengan sering-sering menulis.
Orang akan senang berkunjung ke blog Anda jika mereka selalu mendapatkan sebuah artikel yang baru, yang fresh, yang segar. Mereka tidak akan suka, bahkan kecewa, jika datang ke blog Anda dan hanya disuguhi artikel-artikel yang lama.
Rasanya mungkin seperti disuguhi ikan basi.
Jadi jika Anda ingin situs Anda memiliki pembaca yang loyal, yang rutin berkunjung, sering-seringlah mengupdate blog Anda. Saran saya, 2-3 hari sekali minimal harus ada sebuah artikel baru. Atau, kalau bisa setiap hari bahkan lebih bagus.

4.Seringlah berkomentar
Untuk mendapatkan traffik ke blog Anda, salah satu cara lainnya yang bisa dipergunakan adalah dengan sering-sering berkomentar di blog orang lain.
Pada saat Anda menuliskan komentar di blog orang lain, tentu Anda akan dimintai URL (alamat) dari situs/blog Anda, bukan? Nah, dari sanalah traffik akan datang.
Pastikan Anda memasukkan URL blog Anda dengan benar, atau URL posting blog yang ingin Anda promosikan dengan benar.
Menurut saya pribadi, yang ini efeknya kecil, tapi patut dicoba.

5.Gunakan FEEDBURNER
Untuk meningkatkan traffik ke blog Anda, salah satu tips lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan jasa dari feedburner.com.
Manfaatkan jasa gratis dari feedburner.com untuk meningkatkan jumlah pembaca RSS dari blog Anda, atau bahkan untuk memfasilitasi para pembaca yang ingin menikmati blog Anda via email.
Saya sendiri menggunakan FEEDBURNER untuk haryoonline.com, dan hasilnya untuk setiap postingan saya bisa mendapat puluhan bahkan ratusan pembaca secara instant (dan gratis).

6.Submit artikel Anda ke Social Bookmark
Jangan remehkan the power of viral marketing!
Submit artikel Anda ke berbagai layanan social bookmarking seperti del.icio.us, atau digg.com atau technorati.com untuk meningkatkan traffik Anda.
Setiap kali ada orang melakukan searching sebuah topik yang sesuai dengan artikel yang Anda submit ke situs-situs tersebut, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tambahan traffik pengunjung secara free.

7.Optimasi SEO
Dapatkan banyak traffik gratis lainnya dari SEO!
Pelajari SEO (tidak dijelaskan di artikel ini) dan aplikasikan untuk blog/situs Anda, dan bahkan untuk halaman-halaman di situs/blog Anda. Traffik dari SEO ini sangat berkualitas dan targetted, serta 100% free.
Pengalaman saya pribadi, untuk beberapa domain yang saya miliki, saya dapat menghasilkan sekitar 300-400 pengunjung per hari secara gratis hanya dengan mengandalkan SEO semata. Free traffik, free money.
Jadi, jangan Anda sia-siakan.

8.Buat artikel yang sedang “in” (populer)
Sebuah trik sederhana yang bisa membuat blog Anda mendapat kunjungan berlimpah adalah dengan membuat posting dengan judul (dan isi) yang bersangkutan dengan sebuah hal yang sedang menjadi “trend” di masyarakat.
Misalkan di masyarakat sedang ada kasus “Banjir di Jakarta” atau “Gunung Merapi meletus”, maka Anda bisa mencoba membuat sebuah artikel yang berkaitan dengan hal tersebut.
Dengan menulis artikel yang terkait dengan sebuah event yang sedang populer, Anda bisa jadi menarik banyak link dari blog lain atau bahkan menempati posisi yang tinggi di search engine (mis: google) untuk keyword terkait artikel berita tersebut ( karena belum ada blog lain yang membahas).
Ujung-ujungnya, traffik Anda bisa meningkat drastis.

9.Bertukar link
Cara kuno? Eits, jangan diremehkan. Bertukar link walau terlihat kuno, tetapi saya buktikan sendiri bahwa hal ini sangat efektif.
Blog-blog saya bisa mendapat beberapa puluh (belum ratusan) pengunjung baru dalam sehari hanya dari hasil bertukar link dengan banyak blog lainnya.
Jika Anda betul-betul serius berbisnis, jangan sia-siakan satu pengunjung pun. Sebab siapa tahu satu pengunjung yang Anda anggap “remeh” (tidak terlalu signifikan) tersebut justru pengunjung yang “membawa uang” untuk Anda.
Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil.

10.Memasang iklan
Sebagai cara terakhir, jika memang Anda tidak berbakat dalam melakukan berbagai promosi yang gratis, atau Anda butuh hasil instant yang biasanya tidak bisa dicapai melalui traffik yang gratis, saran saya adalah : memasang iklan.
Anda bisa menggunakan berbagai sarana iklan, mulai dari PPC TExt, hingga banner-banner. Mulai dari jaringan yang khusus menangani iklan (seperti Google Adwords, KumpulBlogger) atau iklan di blog-blog pribadi orang lain.
Cara yang terakhir ini jujur saja agak mahal, tapi kalau Anda bisa memanfaatkannya dengan baik (memutar traffiknya mennjadi uang), tidak jadi masalah. Tidak ada ruginya beriklan beberapa ribu jika mendapat hasil beberapa juta.
Bukan begitu?

Sekian darin saya semoga bermanfaat bagi sobat semua :D


239 komentar

  1. Thanks ya gan atas caranya :) blog ane msh sepi bener http://nge-share.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Reza Alfaizi
      Sama-sama sobat :D

      Hapus
    2. saya bloger pemula, makasi petunjuknya bos...
      http://www.alfabaru.com

      Hapus
    3. $1 cheap webhosting with ClamAV Virus scanner (keep your business online & save with us)

      Hapus
  2. info yang menarik... thanks dah di share.. :D

    BalasHapus
  3. makasih gan, sering sering ya maen ke blog ku http://royuzuki.com

    BalasHapus
  4. 10 cara yang perlu dilaksanakan....

    happy blogging

    BalasHapus
  5. nice share! gan join blogku juga ya

    purwa-sedana.blogspot.com

    BalasHapus
  6. seru jg..jgn lupa mampir di blog aku...makshhh

    BalasHapus
  7. nice info nih. Terimakasih pencerahannya. Semoga tambah sukses.

    BalasHapus
  8. boleh juga tuh di coba...ng tmbh skss y...

    BalasHapus
  9. kalau yang tukeran link saya belum pernah,,saya akan mencobanya,,tapi gimana caranya untuk dapetin gadgetnya di sidebar,,

    BalasHapus
  10. bos tanya yo kalau pake easyhit4u gm?blog saya www.xtraproperty.blogspot.com itu tak pasangin itu menurut anda itu program fee apa bayar terus apa dg program itu jg kecepatan menjaring pengunjung sama dg feedburner anda.......

    BalasHapus
  11. bos tanya yo kalau pake easyhit4u gm?blog saya www.xtraproperty.blogspot.com itu tak pasangin itu menurut anda itu program fee apa bayar terus apa dg program itu jg kecepatan menjaring pengunjung sama dg feedburner anda.......

    BalasHapus
  12. saya mau backlink sob,.,.

    http://ri-on.blogspot.com/

    http://ri-on.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. bagus infonya gan,, bisa di terapkan.
    salam kenal
    www.adib21.com

    BalasHapus
  14. thanks info ny gan.. :D

    ditgg kunjunganny y.. http://lookaku.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. mantap gan.
    nitip URL ya gan
    http://abangbungsu.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. Makasih ya atas tipsnya sobat..

    BalasHapus
  17. Nice one ^^

    http://andromedacheezy.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. Thaks infonya...
    kunjug balik my blog: http://ilham-syafrizal.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. Nice Info Gan, ane Ijin Copas Ye

    BalasHapus
  20. Yang berat mendapatkan traffik dari search engine dengan seo, perlu usaha keras
    terima kasih buat ulasan di atas

    BalasHapus
  21. infonya bagus gan

    http://prawala.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. Tipsnya berguna banget gan.. trima kasih ya.. :)

    BalasHapus
  23. @Harno Malik
    Hehehe...sama-sama gan :)

    BalasHapus
  24. oh yayaya,,, akan rajin koment deehh,,
    thank you mz bro

    BalasHapus
  25. @Maesya
    Hahaha...bisa aja.Sama-sama :)

    BalasHapus
  26. saya juga gan, tetep sepi pengunjung..
    hmmm..

    BalasHapus
  27. @Kreativitas Ngeblog
    Tetap semangat gan :)

    BalasHapus
  28. memang banyak cara.. ><
    tapi gmn dengan hasil?? kadang malah cara dilakukan dan hasil nihil malah bosen.. ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Free Ebook
      Memang banyak cara untuk menambah pengunjung :)
      Tergantung cara si blogger tersebut juga dalam menyikapi tips2nya agar dia tidak bosan :)

      Hapus
  29. sangat membantu saya yang pemula...terima kaish gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @asli pekalongan
      Sama-sama gan.Semoga tips2 diatas dapat membantu :)

      Hapus
  30. Thanx'z Mas Bro.,

    BalasHapus
  31. sip gan infonya,,akan saya coba,,,gan,,kalo ngk keberatan,mampir ya,,salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. @GEDE AWAN
      Oke gan...
      Bila ada waktu akan saya kunjungi blognya sobat :)

      Hapus
  32. Sangat bermanfaat tipsnya, makasih buat admin

    BalasHapus
  33. Sobb..

    Tenk'z yach atas infonya sangat bermanfaat bagi saya coz newbie nichh..

    BalasHapus
  34. Makasih tas tipsnya sob.. bermanfaat sekali nih

    BalasHapus
  35. numpang jalan2 sob..silakan mampir2

    BalasHapus
  36. Thanks buat sharingnya, salam kenal..

    BalasHapus
  37. makasih sharingnya, salam kenal gan :-)

    BalasHapus
  38. terimakasih atas infonya gan :)
    tapi saya punya pertanyaan nih gan, jumlah banyaknya tag itu bisa mempengaruhi tidak gan terhadap traffic web kita ? tks

    BalasHapus
  39. saya mah masih bingung mengenai optimasi SEO kurang paham,,,perlu banyak belajar tentang SEO.,,,

    BalasHapus
  40. thanks buat sarannya saya akan lebih sering berkomentar :D haha

    BalasHapus
  41. mantap gan, saya coba dulu gan tipsnya :)

    BalasHapus
  42. artikelnya sangat membantu bagi saya yang belajar blogging :)
    terimakasih banyak agan :)

    BalasHapus
  43. thanks for informationnya..
    :) :)

    BalasHapus
  44. Infonya sangat menarik dan inspiratif semoga bermanfaat buat saya, tinggal dipraktekin aja sekarang gan :)

    BalasHapus
  45. terima kasih sudah berbagi informasinya

    BalasHapus
  46. thanks atas infonya gan.
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  47. wah mantap nih buat saya coba, artikel yang sangat bagus

    BalasHapus
  48. Thanks buat artikelnya
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  49. mantabs sekali gan mengenai tipsnya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  50. thanks gan infonya... sangat bermanfaat bwat say.... salam knan dan salam sukses.....

    owh ya klo ada waktu maen ke blog ku gan liriklaguall.blogspot.com

    skali lagi thanks......

    BalasHapus
  51. thanks gan, infonya bagus : ikut promosi blog skalian ya?
    http://www.gallaxystore.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane lebih seneng SEO Optimization sama blogwalking.

      Hapus
  52. haii kawan ....
    gua yudi nak 92

    pliss LOOK << artinya ngeliat
    nii link nya :
    tamayudi12.blogspot.com

    BalasHapus
  53. untuk poin 2, 3 dan 10 mungkin masih menjadi masalahbagi saya Gan...tapi akan segera Saya cari solusinya...10 poin ini semoga bisa saya praktekkan dengan benar.....
    terima kasih

    BalasHapus
  54. thanks infonya bagus sekali,,,,, nitip promo blog sekalian ya? http://hafidabidaniswara.blogspot.com

    BalasHapus
  55. numpang promosi blog gan! stingkyfly2.blogspot.com

    BalasHapus
  56. mohan main ke tempatku ya,maaf baru belajar

    andabis.blogspot.com

    trimakasih.

    BalasHapus
  57. askum.. nice inpo gan...
    mampir ya !
    http://tradizional.blogspot.com/

    BalasHapus
  58. Saya masih bingung nenbuat artikel pilar....
    mohon penjelasannya..........

    BalasHapus
  59. Siip Gan , kalo ada waktu mampir ya di blog ku ya
    danarzone.blogspot.com

    BalasHapus
  60. bagus banget..kunjungi blog baru http:www.mamanwr.blogspot.com

    BalasHapus
  61. Kebetulan saya bloger pemula... makasi petunjuknya bos.. semoga blog saya mengikuti jejak blog ini
    http://www.alfabaru.com

    BalasHapus
  62. oke juga tips yang dibegikan http://serbakuat.com

    BalasHapus
  63. Mantabz gan infonya...
    sangat bermanfaat
    silahkan maen ke blog saya gan...
    kakashitian.blogspot.com

    BalasHapus
  64. thanks gan tips-tips ny. mampir ya gan k blog saya.
    http://hs32tiuntan.blogspot.com

    BalasHapus
  65. wah tipsnya bagus abnget buat newbie kaya saya
    promosi ya <a href='http://nyomanchandra.blogspot.com</a>

    BalasHapus
  66. ma kasih . . . . gan infonya
    he hehe sama . . sekalian mau promo blog ane . .
    http://mts-bettet.blogspot.com/

    BalasHapus
  67. Gan, ane udah coba berbagai macam cara tapi ane belum dapet solusi terbaik yang benar-benar bisa meningkatkan pengunjung blog. tapi, semoga dengan cara ala agan. ane bakalam bisa ningkatin pengunjung blog. makasih gan atas infonya

    BalasHapus
  68. kebetulan saya orang baru dalam dunia blogsphree dan belum mengerti. Artikel anda menabah sedikit wawasan saya tapi jujur saya masih binggung...

    BalasHapus
  69. Boleh Di coba deh ,
    katanya ada cara koment yaudah nih , kunjungi www.wardanxbigzfamz.com

    BalasHapus
  70. makasi infonya gan n sekalian ikutan promo,
    http://ekhi04.blogspot.com

    BalasHapus
  71. www.badhoxgun.blogspot.com

    BalasHapus
  72. poin nomer 2 itu sangat penting sekali, bagi blogger baru saya sarankan untuk memfokuskan ke poin yang ke 2 yaitu membuat artikel pilar sebanyak2nya kalau bisa, penting bagi sebuah blog memiliki artikel pilar, yaitu artikel 'how' artikel yang memberikan tips maupun triks,.
    Mantap gan postingan yang bermanfaat sekali,,terimakasih salam sukses blogger. Kunbal ya gan lowongan kerja terlengkap dengan gaji 2,5 jt/bln

    BalasHapus
  73. saya suka dengan postingan anda semoga blog anda sukses selalu

    BalasHapus
  74. nice postingan nya gan.
    semoga sukses selalu

    BalasHapus
  75. thanks banget ne sob, langsung praktek aja nech______slam blogger__di tunggu kunjungannya balik_____bloggku di follow yach, blog sodara sudah saya follow

    BalasHapus
  76. thanks atas infonya bermanfaat sekali buat ane yang lagi belajar

    jangan lupa kunjungi blog saya

    http://bisnispakaianjadidarodjat.blogspot.com/p/toko-kaos-bola-jersey.html

    BalasHapus
  77. mantab sob tutornya...bermanfaat banged.
    follow back sob...

    BalasHapus
  78. Ada beberapa poin yang sudah saya implementasikan, namun untuk poin kedua (Tulis artikel-artikel pillar), saya masih kurang begitu paham. Maksud saya bagaimana cara menentukan artikel pilar tersebut? Apa bisa dengan Google Keyword Tool? atau ada cara lain?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  79. Terima kasih nih buat tips-tipsnya. Udah aku coba praktekin. Smoga berhasil...hehehe
    Salam kenal & ditunggu kunjungannya di blog.ku : http://hogieshop.blogspot.com

    BalasHapus
  80. thanks infonya gan..
    - http://rafzalblog.blogspot.com -
    masih kosong hehehh,jarang di buka..

    BalasHapus
  81. mantap bro.di tunggu kunjunganya bro
    http://kharedox.blogspot.com

    BalasHapus
  82. Mksh bnyak gan bwt infonya...ditunggu kunjungan baliknya di Cari Tahu

    Mksh gan :)

    BalasHapus
  83. mantab sekali infonya bro.,.,..,.,
    kunkungi juga ya blog saya

    www.beginerblog.blogspot

    BalasHapus
  84. nambah ilmu baru, thanks bro buat artikelnya

    BalasHapus
  85. jasa penambah followers murah hanya Rp.200.000 anda mendapatkan 30.000 followers !!!!!!
    minat ??????????? hub: 083840412248 !!!!!!!!!!!
    buruan !!!!!
    klik http://jogjatweet.blogspot.com

    BalasHapus
  86. Nice Job gan. http://404computer.blogspot.com/

    BalasHapus
  87. sebelumnya mohon infonya gan web site ane terus turn traficnya gi mana ya cara ningkatkan lagi...?mohon infonya gan..?terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  88. Kunjungi blog saya ya gan :)

    BalasHapus
  89. terimakasih atas semua infonya bos.....

    BalasHapus
  90. thanks gan infonya...ditunggu kunjungan balik nya
    http://speed-flash.blogspot.com/

    BalasHapus
  91. sangat bermanfaat gan infonya,saya butuh banget inih,kunjungi balik ya gan blog saya

    BalasHapus
  92. makasih gan ...! ijin numpang promosi ya :)
    http://ramuanttradisional.com/pengobatan-penyakit-usus-buntu/

    BalasHapus
  93. posting yang bagus sobat :D
    jangan lupa berkunjung ke blog saya yah sobat :D http://www.harrysyah.blogspot.com

    BalasHapus
  94. ditunggu yah postingan masing masing cara diatas




    http://rachmatpalopo.blogspot.com

    BalasHapus
  95. terimakasih yah gan atas Informasinya...

    Mampir juga ke Blog kumuh ane yah V.V

    BalasHapus
  96. thx info bosss
    sekalian visit myblogz,pusatnya game pc terbaru dan software
    http://filestone.blogspot.com

    BalasHapus
  97. ini tips yg saya cariiii....makasih mas brow

    BalasHapus
  98. bagus banget tipsnya, kalo gitu ikut promosi juga ya
    http://luqmanwihardja.blogspot.com/

    BalasHapus
  99. - nomer 7 tuh yang agak susah ngalahinnya :) apalagi yg punya senjata kelas berat (plugins n software SEO) hehe btw nice tips gan. sukses selalu -

    BalasHapus
  100. mantap tipsx gan, tips-tips yang menarik.

    ditunggu tips2 berikutnya gan....

    BalasHapus
  101. Artikel yang mantap.
    Thanks ats infonya....

    BalasHapus
  102. mantap gan..
    sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  103. makasi sob untuk tipsnya sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  104. Sob,, jangan Lupa Kunjungi zvelite.com ya
    Ato pun topfivetop.blogspot.com
    ok

    BalasHapus
  105. Sangat bermanfaat bngt info dan tipsnya, mksh bnyk sobb ??

    BalasHapus
  106. WIhh keren postingan nya :D nambah ilmu nih . . .

    bagi temen - temen , visit gue ya catatanmahasiswikece.blogspot.com

    BalasHapus
  107. Bermanfaat banget bang


    JANGAN LUPA BERKUNJUNG http://jawad.cilongok.biz

    BalasHapus
  108. sungguh memuaskan , nggak nyesel kunjung ke sini, terima kasih kakak,,,,

    BalasHapus
  109. thanks gan infonya... sangat bermanfaat
    bwat say.... salam knan dan salam
    sukses.....

    BalasHapus
  110. Thanhs artikelnya dan mampir di blog ane http://ssbbambang.blogspot.com/
    #Promosi hehehehe

    BalasHapus
  111. terimakasih yah gan atas infonya
    ikut promosi blog skalian yahhh gan maafff
    http://www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  112. mampir gan http://relandoth.blogspot.com

    BalasHapus
  113. NICE INFO...ane blogwalking, masih newbi dalam hal gtu2an,, tapi saya coba, ane nitip link yah... jangan marah!! maklum ane newbi hehehe.. (agan pasti pernah jadi newbi :D)

    kunjungi blog ane gan disini http://redanorak.blogspot.com follow yah,, nanti ane follow balik , thanks

    BalasHapus
  114. KUNJUNGAN BALIK GAN
    habibchogan.wordpress.com

    BalasHapus
  115. Makasi gan, numpang promosi..
    http://mineraldanbatuan.blogspot.com

    BalasHapus
  116. thanks infonya, mas. tp ada beberapa istilah yg aku belum paham. sepertinya aku masih harus banyak belajar dalm hal ngeblog

    BalasHapus
  117. sip nambah ilmu lagi nih..trims gan infonya sangat bermanfaat :-D

    BalasHapus
  118. Than'k atas tips nya, moga bisa bermanfaat buat
    ArtBlog

    BalasHapus
  119. thank's gan atas pembagian ilmu gratinsny
    jadi saya dapat ilmu lagi dehh.....

    coba dikunjung ya gan blog aku....^_^
    http//gamescomunyty.blogspot.com

    BalasHapus
  120. WOW... Mantab Jaya
    Belajar Keramik
    http://keramik88.com/

    BalasHapus
  121. Nice Info gan...
    kunjungi saya balik gan....

    http://saintfredo.blogspot.com/

    BalasHapus
  122. thanks gan. bermanfaat nih infonya http://www.raplays.blogspot.com/

    BalasHapus
  123. Ass...
    qan, kunjungi dan kome jga web. Ane x. Soal- lg sepi dharma-vstore.blogspot.com

    BalasHapus
  124. masih bingung sama yang daftar di rss feednya. mohon bantuannya.
    http://nisakawaiichan.blogspot.com/

    BalasHapus
  125. membantu banget gan terima kasih
    silahkan berkunjung ke blog pemula yah gan http://mr-strawhat.blogspot.com/

    BalasHapus
  126. ane udah baca2 gan tipsnya .. maaf dopos

    BalasHapus
  127. patut dicoba satu-persatu, doakan ya moga bisa dapat pengunjung banyak.

    BalasHapus
  128. Makasih bro sangat bermanfaat :))
    kunjungi :
    kalengbaja.blogspot.com

    BalasHapus
  129. mantap infonya gan :) super banget thanks

    BalasHapus
  130. Info Mantaap Gan,
    thanks ya.. saya sedang belajar untuk menarik pengunjung supaya berdatangan di blog produk kesehatan online saya ^_^
    Sehat N Sukses

    BalasHapus
  131. Thanks gan sarannya..
    berkunjung di blog gue ya ^^

    http://1mind-2idea.blogspot.com

    BalasHapus
  132. sangat bermanfaat sekali infonya thanks yo
    search by google :::: naufalthedarkness :::::

    BalasHapus
  133. menarik sekali.. dalam hal ini sangat bermanfaat. terima kasih

    BalasHapus
  134. thanks infony, membantu sekali bagi saya yg masih newbie.

    BalasHapus
  135. ooo jadi klw seo itu gratis to, makasih infonya gan

    http://www.uanginstan.com/?id=ui233

    BalasHapus
  136. Makasih banget tipsnya gan, saya baru mencoba dari apa yang saya baca di blog agan, sekali lagi makasih ya

    BalasHapus
  137. Biasanya sih cuma menulis artikel yang bagus dan sering komentar juga banyak nanti sob pengunjungnya...

    BalasHapus
  138. setelah baca, dapat inspirasi nih.heheehe mantap

    BalasHapus
  139. terimakasih informasinya yang sangat membantu sekali, saya akan mencobanya,,

    BalasHapus
  140. thank's gan....
    blog saya msh sangat sepi baget nie....

    BalasHapus
  141. Info yang bermanfaat visit back and Comen ya gan.
    dont-mover.blogspot.com

    BalasHapus
  142. mantapp. broo artikelnya>> kunjung balik pelajarlog.blogspot.com

    BalasHapus
  143. ok banget ilmunya gan, cocok buat saya yang baru belajar ngeblog. ijin praktek nih gan hehehehe....... salam
    hendro k >>>>>> http://hendrokristiono.blogspot.com/

    BalasHapus
  144. infonya sangat membantu, akan saya praktekkan. thank's sob

    numpang lapak sekalian ya ,
    http://rajafashion.tk/

    BalasHapus
  145. informasinya bagus, cuma gunakan feedburner, maksudnya apa ya? maklum masih belajar

    BalasHapus
  146. kece badai gan :D

    http://www.rere-putra.blogspot.com

    BalasHapus
  147. mantaf mas bro artikelnya, salam kenal :D

    BalasHapus
  148. yap, makasi infonya, btw ikutan tuker link ya: http://arkhiinfo.com

    BalasHapus
  149. Postingan yang bikin penasaran...
    Nah kalau sudah mumet dan pengen refresh cari ide artikel ke Bogor, referensinya disini
    www.campas-outbound.com atau www.wisatamurahbogor.com
    Tempat kumpul, ngopi n tuker bisnis blogger Bogor - Jakarta

    BalasHapus
  150. terimakasih banyak gan, infonya sangat membantu bagi kita yang baru buat blog
    jika agan berkenan boleh gan kunjungi blog ane
    http://www.denny27.blogspot.com

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb