10 Tips Menulis Artikel Blog Agar Cepat Terindex Google ( SEO Friendly )

Bagi Blogger pemula, menulis artikel blog mungkin tidak semudah yang dirasakan oleh blogger dan internet marketer yang sudah berpengalaman. Tidak ada aturan khusus didalam penulisan artikel pada Blog. Hanya saja, jika anda ingin mendapatkan respon positif dari tulisan yang anda buat, sebaiknya anda menuliskan sesuatu yang betul-betul bermanfaat bagi pengunjung, mudah di mengerti dan yang paling penting adalah SEO Friendly. Sehingga artikel anda mampu mendatangkan pengunjung dengan trafik yang tinggi.

Adapun yang harus anda perhatikan agar artikel blog anda mejadi SEO Friendly adalah sebagai berikut:
1. Buat postingan sedikitnya 250 – 500 kata atau lebih.
2. Buat posting yang benar-benar unik dan lain dari yang pernah ada. Artinya artikel yang anda posting di blog merupakan artikel fresh bukan hasil dari copy paste.
3. Fokus pada topik yang dibahas dan sesuai dengan judul postingan.
4. Gunakan gambar pada postingan kita dan sisipkan alternate teks pada kode HTML gambar, karena search engine tidak bisa mendeteksi gambar melainkan mengidentifikasinya melalui alternate teks.
Contoh : alt=”penulis konten blog” sisipkan pada kode HTML gambar kita. Lebih bagus lagi jika anda targetkan pada judul postingan.
5. Sebar kata kunci secara merata dalam postingan kita dengan maksimum conten density 3-4 % dari total jumlah kata postingan anda.
6. Gunakan tag HTML <h1> , <h2> atau <h6> untuk heading yang ada di postingan anda, mulai yang paling Utama gunakan <h1> untuk judul dan selanjutnya <h2> sampai <h6> untuk sub judul postingan kita. Pastikan mengandung kata kunci dan Anchor text yang  anda ditargetkan.
7. Utamakan penempatan kata kunci pada paragrap dan baris pertama serta terakhir postingan artikel anda.
8. Gunakan penekanan pada kata kunci yang ada dalam postingan menggunakan <b> bold, <i> Italic ,<u> Underline atau <blogquotes> untuk tanda petik. Variasikan penggunaan tag tersebut dan jangan terlalu banyak, maksimal satu penekanan untuk setiap paragraph
9.  Berikan asupan berupa outbound link (backlink) menuju postingan anda melalui blog lain yang memiliki topik  yang sama. Akan lebih baik lagi jika outbound tersebut merupakan trusted site seperti Wikipedia.
10.  Posting artikel anda secara konsisten misalkan seminggu 4 kali untuk menjaga konsistensi dan postingan anda sehingga terlihat lebih natural dimataSearch engine.


22 komentar

  1. Wah.. mantap gan..,, banyak jg ya.,, ..
    Jadi malu ama postingan saya.. soal'nya postingan saya cuman asal posting doang,, krna ngga trllau ngerti ttg SEO.. he.. :)

    Happy Blogging Sahabatku...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO itu harus dipahami ^^ meski tidak terlalu paham benar, tapi minimal mengerti sedikit dah ^^ hahaha itu sangat penting ^^

      Hapus
  2. Wah tipsnya menarik sekali gan, sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya :)

    Indonesia Bisa Jadi Masalah Baru Bagi Asia

    BalasHapus
  3. Salam Blogger Juga ya Gan
    Ditunggu Kunjungan balik ^_^

    BalasHapus
  4. @Arman Ali
    Salam blogger juga gan.Kunjungan segera meluncur :)

    BalasHapus
  5. Selain itu juga menulis di blog, manfaatnya sangat luar biasa contohnya saya bisa kenal dengan blog ini...Walau belum kenal saya datang untuk silaturami dan juga mencari informasi yang saya cari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Teguh Sariyanto
      Terimakasih sobat sudah mencari informasi disini :) Salam kenal sobat :)

      Hapus
    2. Saya lagi cari informasi bagaimana blog agar lebih mudah menang di google, tapi kok ngga menang-menang ya. Jadi tuing-tuing, heee

      Hapus
  6. Wah mesti belajar banyak lagi. infonya menarik buat saya pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. @laptop balikpapan
      Terimakasih gan....
      Semoga sobat bisa tambah pandai dalam hal blogging :)

      Hapus
  7. Luar biasa blog yang sangat menarik dan bermanfaat artikelnya. ;-)

    BalasHapus
  8. Tanya gan,, ada pengaruh gak kalo kita ngetik postingan dulu di Microsoft word kemudian baru di copy ke tempat postingan blog?? soalnya waktu ane ketik diword trus dicopy ke form postingan ada kode-kode word yang ngikut gitu pas ane liat di htmlnya?

    Pengaruhkah gan??

    BalasHapus
  9. Makasih atas tips-nya, saya kan coba

    BalasHapus
  10. hmm h2-h6 harus rata ya, paling h4 -h6 ane gak ada -_-

    BalasHapus
  11. Artikel yg sangat membantu bagi blogger pemula seperti saya nih gan.
    izin nyobain ya gan...

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb