10 Tips Mempersiapkan Anak Dalam Menjalankan Puasa



Nah....akhirnya setelah mencari sambil berpikir kemana-kemana artikel yang akan saya posting,dapat juga ternyata.Memang rezeki gak bisa ditolak hehehe :) Di bulan ini My Lab tidak bosan-bosannya membagikan pengetahuan tentang/seputar puasa.Kali ini,saya akan membagikan 10 tips bagi sobat yang sudah memiliki anak,yaitu tips mempersiapkan anak dalam menjalankan puasa.

Seperti kita ketahui,anak-anak "BIASANYA" memiliki nafsu makan yang tinggi.Mungkin,bagi anak yang gak bisa menahan lapar akan menangis bahkan sekeras mungkin.Mungkin beberapa orang bepikir,"Wah gawat tuh.Gimana coba dia mau berpuasa.Gak bisa nahan lapar,mungkin disuruh puasa aja gak mau atau mungkin ketakutan hehehe".Mungkin itu biasa bagi anak-anak yang masih kecil.TETAPI,alangkah baiknya dibiasakan dari sekarang,dari sejak dini kita berpuasa.Akan tetapi,hal-hal diatas bukan berarti sobat tidak bisa mengajak anak-anaknya berpuasa.Sebenarnya kita membujuk mereka dengan tips-tips berikut :

  1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah jelaskan padanya soal konsep Ramadan. Dengan memberikan penjelasan tersebut, mereka bisa merasakan semangat Ramadan. Anak-anak biasanya belajar dan memahami semangat Ramadan ini dari orangtua mereka, kakek dan nenek, kakak atau anggota keluarga lainnya yang lebih tua. Saat anak sudah menyadari pentingnya puasa, dia secara otomatis akan belajar menghargai dan siap menjalaninya.
  2. Sangat penting untuk Anda dan anggota keluarga lainnya tidak menunjukkan rasa lapar dan haus saat berpuasa di depan anak-anak. Tunjukkan pada anak kalau puasa itu harus dijalani dengan kesabaran dan tidak banyak mengeluh.
  3. Untuk anak-anak yang baru menjalani puasa untuk pertamakalinya, Anda bisa mengajarinya untuk berpuasa hingga pukul 10.00 atau 12.00. Biasanya secara perlahan, anak akan bisa berpuasa hingga waktu yang lebih lama.
  4. Usahakan Anda tidak lupa untuk selalu memberinya semangat agar terus berpuasa. Misalnya saja dengan mengatakan, "Kamu pasti bisa, tinggal dua jam lagi." Mengajak anak menyiapkan makanan untuknya berbuka puasa juga bisa jadi salah satu untuk menyemangatinya.
  5. Memberikan hadiah setelah ia bisa menjalankan puasa sesuai kesepakatan yang sudah dibuat Anda dengan anak, tidak ada salahnya dilakukan, sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya itu. Agar lebih termotivasi, Anda bisa menjanjikan memberikan hadiah tersebut saat Lebaran.
  6. Anda harus memastikan anak, makan yang cukup saat sahur
  7. Buatkan anak menu kesukaannya untuk makanan sahur dan buka puasa. Tanyakan padanya apa yang dia ingin makan saat sahur dan buka.
  8. Jauhkan makanan-makanan yang bisa menggodanya, seperti cokelat atau es krim. Sembunyikan dulu makanan tersebut darinya. Usahakan juga agar anak tetap 'sibuk' selama puasa agar dia tidak terlalu ingat akan rasa lapar dan hausnya. Misalnya saja Anda bisa mengajak anak untuk membaca buku bersama, bermain game atau menonton film favoritnya.
    Namun jangan juga mendorong anak melakukan permainan yang bisa membuatnya haus. Misalnya berlari-larian atau bermain di bawah terik matahari. Untuk anak-anak yang masih pemula, aktivitas tersebut bisa membuat mereka batal puasa.
  9. Jika anak ternyata berbohong atau tidak kuat berpuasa sesuai kesepakatan yang sudah dibuat, jangan langsung memarahinya. Anak akan berbohong karena dia tidak mau mengecewakan orangtuanya.
  10. Strategi lainnya agar anak semangat berpuasa adalah dengan membuat kompetisi sehat antar anak. Cara ini efektif jika anak memang memiliki teman sepermainan (teman di rumah atau sepupu yang seumuran) yang juga berpuasa dan tarawih. 'Kompetisi' ini bisa memotivasinya kalau mereka punya energi dan kekuatan yang sama dengan teman-teman mereka.


Nah,setelah mengetahui tips-tips diatas,mulai sekarang ajaklah anak-anak kita melaksanakan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.Semoga di bulan yang suci ini kita bisa memperbanyak amal ibadah kita,dan menjauhi semua larangan-larangan dari Allah S.W.T (menjadi lebih baik dari sebelumnya)
Semoga artikel ini bermanfaat.Amin....





7 komentar

  1. tips yang bagus menjelang ramadhan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Asy Faro
      Thanks sob :) Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. terima kasih sob share infonya :)
    selmt menyambut bulan ramadhan sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @budi os 19
      Sama-sama sobat.Selamat menyambut bulan Ramadhan juga :)

      Hapus
  3. tips yang sangat bermanfaat sob,ini akan melatih anak sejak dini untuk menjalani puasa agar lebih khitmat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Misbahudin
      Terimkasih sob.Memang betul,ini akan melatih anak berpuasa sejak dini :)

      Hapus
  4. terima kasih atas kerjasamax sob.., linkx sdh aq pasang *smile

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb