10 Macam Puasa Sunnah Beserta Keutamaannya


Dibulan puasa ini,pasti kita semua yang menjalankannya ingin memperbanyak amal ibadah kita karena pahala kita akan dilipat gandakan.Nah,hari ini saya akan membahas tentang puasa sunnah.Walaupun puasa di bulan Ramadhan adalah wajib,tapi tidak ada salahnya bukan saya membahas tentang puasa sunnah.Puasa terbagi 2 yaitu puasa wajib dan puasa sunnah.Puasa wajib contohnya puasa di bulan ramadhan,puasa kafarat dan puasa sunnah contohnya puasa senin kamis,puasa asyura dll.Nah,puasa sunnah inilah yang akan saya bahas pembagian-pembagiannya dan keutamaannya.Berikut 10 macam puasa sunnah beserta keutamaannya



1. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal
Baik dilakukan secara berturutan ataupun tidak. Keutamaan puasa romadhon yang diiringi puasa Syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).

2. Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Yang dimaksud adalah puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan ini, tidak termasuk hari yang ke-10. Karena hari ke-10 adalah hari raya kurban dan diharomkan untuk berpuasa.

3. Puasa Hari Arofah
Yaitu puasa pada hari ke-9 bulan Dzuhijjah. Keutamaan: akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertaubat.

4. Puasa Muharrom
Yaitu puasa pada bulan Muharrom terutama pada hari Assyuro’. Keutamaannya adalah bahwa puasa di bulan ini adalah puasa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon (HR. Bukhori)

5. Puasa Asyura
Hari Asyura adalah hari ke-10 dari bulan Muharrom. Nabi sholallohu ‘alaihi wasssalam memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Asyura ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnhya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke-10. Keutamaan: akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. Muslim).

6. Puasa Sya’ban
Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban. Keutamaannya,bulan ini adalah bulan di mana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam (HR. An-Nasa’i & Abu Daud, hasan).

7. Puasa pada Bulan Haram (bulan yang dihormati)
Yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa.

*Note*
Walaupun namanya bulan haram bukan berarti diharamkan untuk berpuasa.Untuk penjelasan lebih lengkapnya seputar berpuasa di bulan haram,sobat bisa mencarinya di search engine

8. Puasa Senin dan Kamis
Namun tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin dengan puasa hari Kamis atau sebaliknya. Keduanya merupakan hari di mana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Alloh.

9. Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan. Sehingga tidaklah benar anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa puasa pada harai putih adalah puasa dengan hanya memakan nasi putih, telur putih, air putih, dsb.

10. Puasa Nabi Daud
Yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari. Kemudian puasa sehari dan tidak puasa sehari. Keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Alloh (HR. Bukhori-Muslim).





Nah...Kira-kira setelah mengetahui puasa-puasa sunnah diatas,tidak ada salahnya kita mencoba melaksanakannya setelah bulan Ramadhan nanti bukan ???
Sekian dulu ya sobat artikel ini.Semoga bisa menambah ilmu sobat dibidang keagamaan






13 komentar

  1. artikel yg bagus nih..
    mantap sob..
    bermanfaat sekali..


    #Salam Silaturahmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Darmawan Saputra
      Terimakasih sob.Salam silaturrahmi juga :)

      Hapus
  2. wah setelah baca artikel ini, jadi semangat ibadah puasa. makasih gan

    BalasHapus
  3. Puasa dala'il ga ikut ya sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Misbahudin
      Karena udah sepuluh yang saya dapat,jadi gak bisa saya masukkan lagi sob.Tapi tambahan yang bagus dari sobat
      Terimakasih ya :)

      Hapus
  4. Silaturahmi :)

    Baru denger tentang Puasa Daud , thanks ya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Saktian
      Terimakasih atas kunjungannya sobat :)
      Sama-sama :)

      Hapus
  5. kalau puasa buat pengantin,itu maksudnya buat apa ya gan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rio
      Menurut informasi yang saya ketahui,puasa tersebut mungkin bisa dibilang adat soalnya didalam islam tidak ada namanya puasa tersebut.Puasa tersebut sebenarnya bukan seperti biasanya,yaitu menahan lapar dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari melainkan berpantangan makan makanan yang berminyak atau bergaram menjelang acara perkawinan.
      Itu adalah info yang saya dapatkan gan.Semoga dapat membantu :)

      Hapus
  6. bagus sekali artikelnya akh..
    ijin copas ya..
    salam ukhuwah..

    BalasHapus
  7. As'salammuallaikum. Alhamdullilah, terima kasih atas informasinya. La Haula Wa La Quwwata Illa Billahil Aliyyil Azim. La Ilaha Illalloh. Subhanallohil Azim.

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb