10 Langkah Menuju Sadar Makan



Menuju Sadar Makan atau sering disebut mindful eating ini merupakan sikap sadar pada alasan utama mengapa seseorang butuh makan,kapan dan apa yang akan dimakan,kemudian memutuskan apakah memang kebutuhan itu sungguh ada atau hanya untuk memenuhi kebutuhan emosional

  1. Persiapkan kegiatan makan anda dan mengudap dengan santai dan penuh kesenangan.Pastikan semua yang anda inginkan telah tersedia sehingga anda tidak tergoda untuk menikmati makanan lainnya.
  2. jangan menunggu makan dalam keadaan sangat lapar,hingga nda rasanya mampu melahap apa saja yang melintas didepan anda.Makan ketika anda mulai merasa lapar bukan saat kelaparan.
  3. Puaskan mata,hidung,telinga dan pikiran anda.Tambahkan warna-warni dari sayuran dan lauk-pauk diatas menu makanan anda.Buatlah makanan sekreatif mungkin dan semenarik mungkin hingga anda makan dengan perasaan nyaman.
  4. Hidangkan makanan untuk diri anda sendiri dengan sebaik-baiknya.Hias meja makan dengan alas piring,tambahkan serbet,bunga,juga lilin jika anda suka.Jadikan makanan sebagai pengalaman yang menyenangkan.
  5. Usahakan untuk selalu makan sekurang-kurangnya 20 menit dalam posisi duduk dan jangan melakukan kegiatan lain.Jauhkan TV,majalah,buku,handphone,dan bahkan smart phone anda.
  6. Saat makana masuk ke mulut,kunyah perlahan sambil merasakan kejutan apa yang anda temukan.Bagaimana tekstur dan rasa makanan,tanpa menghakimi apa makanan tersebut enak atau tidak.
  7. Bayangkan dari mana makanan anda berasal hingga bisa tersaji di piring.Misalnya,dari peternakan lalu ada pabrik yang mengolah,menjualnya ke pasar dan anda membelinya.Dengan begitu,anda akan menjadi lebih menghargai proses makanan.
  8. Sekarang,pikirkan bagaimana makanan tersebut bisa menyehatkan anda,baik panca indra,tubuh,atau pikiran.
  9. Perhatikan benar saat perut anda mulai terasa kenyang,berhenti sebentar untuk menarik napas,dan benar-benar berhenti saat perut anda merasa puas,bukan penuh.
  10. Saat selesai makan singkirkan da bersihkan makanan sisa anda.Satu hal yang pasti,menyisakan makanan di piring bukan berarti membuangnya sia-sia.Anda bisa menyimpannya untuk waktu lapar berikutnya atau memberikannya kepada orang lain.jangan bayangkan bahwa ini adalah tugas yang menyebalkan setelah makan.Bayangkan bahwa kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan anda sudah selesai dan anda tidak sabar menunggu waktu makan selanjutnya.

Fiuuhhh....akhirnya setelah menulis artikel ini dan sempat terhapus hehehe...selesai juga deh
Gimana sobat,udah siapkan menjalani hidup sadar makan ??? Sekian dulu ya sobat artikel ini.Mudah-mudahan ada manfaatnya




  • Thanks to --->>> Tabloid Wanita Indonesia 
  • Website ( http://www.tabloidwanitaindonesia.net/ )

    1 komentar

    1. wah cepet gemuk to gan kalo gini caranya ,. :D
      anice post ,. ;)

      BalasHapus

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
    1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
    2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
    3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb