10 Rahasia Terbesar Presentasi Steve Jobs

Tanggal 27 January 2010, adalah hari yang bersejarah buat Apple.  Hari itu, Apple meluncurkan sebuah produk yang revolusioner yang mereka namakan iPad.  Kita tidak akan membahas tentang iPad, namun kita akan memetik 10 pelajaran dari Steve Jobs yang bisa memberikan inspirasi untuk presentasi kita berikutnya.  Simak 10 hal yang dari Steve Jobs selama launching iPad berikut ini.

 1. Bukalah presentasi dengan "success story"


Steve Jobs tidak mengawali presentasi launching produk iPad dengan menjelaskan produk iPad itu sendiri.  Beliau mengawalinya dengan menceritakan beberapa kisah sukses Apple dan yang paling dahsyat adalah Apple telah menjadi perusahaan yang memperoleh pendapatan lebih dari $50 Billion dalam setahun.  Darimana sumber pendapatan Apple terbesar?  Menurut Steve Jobs ada 3 sumber yaitu iPod, Macbook & iPhone.  Hal inilah yang membuat Steve Jobs mengklaim Apple sebagai perusahaan "mobile devices" terbesar di dunia.  Jadi, ada baiknya awali presentasi launching produk anda dengan kisah sukses produk anda sebelumnya jika ada.

2. Gunakan kutipan untuk menambah kredibilitas anda


Ada baiknya kita menggunakan "quote" atau "kutipan" untuk menambah kredibilitas dari pernyataan kita.  Kutipan bisa berasal dari orang terkenal misalnya Leonardo Da Vinci, Abraham Lincoln, Obama dsb, ataupun dari lembaga yang terpercaya seperti Wall Street Jurnal yang digunakan Steve Jobs dalam presentasi launching iPad-nya.  Gunakan juga gambar yang relevan dengan kutipan anda jika memungkinkan seperti yang digunakan oleh Steve Jobs pada gambar diatas.

3. Ingatkan konsumen akan kebutuhan dasar mereka.


Mengapa para penggila produk Apple selalu tertarik membeli produk baru Apple? Karena Steve Jobs sangat ahli menghipnotis audiens dengan membuat mereka seolah-olah membutuhkan produk Apple tersebut.  Steve Jobs selalu memulai dari kebutuhan pengguna Apple dan meyakinkan bahwa Apple bisa menjawab semua kebutuhan itu.  Pada launching iPad, Steve Jobs menerangkan bahwa dibutuhkan produk di tengah-tengah iPhone & Macbook yang bisa digunakan untuk browsing, email, photos, video, music, games & ebooks.  Semuanya itu adalah hal-hal yang kita lakukan sehari-hari.  Sungguh pintar sekali bagaimana Steve Jobs mengkondisikan kebutuhan pengguna.

4.  Hadirkan peran antagonis, sebelum pahlawan muncul!


Steve Jobs sangat pintar menghadirkan peran antagonis di dalam launching produk barunya.  Pada waktu launching komputer Apple yang pertama, Steve Jobs menggunakan IBM sebagai peran antagonis alias musuh bersama.  Steve Jobs menggunakan Netbook sebagai pemeran antagonis pada launching iPad ini.  Dimana Netbook diposisikan sebagai komputer yang lambat, layar kualitas rendah dan menggunakan perangkat lunak dari PC.
" Netbook aren't better than anything." Demikian kata Steve Jobs untuk menggambarkan posisi dari Netbook.  Sungguh kata-kata yang cukup menusuk, namun begitulah Steve Jobs menggambarkan peran antagonisnya.

5.  Gunakan animasi yang tepat untuk memberikan efek emosional.


Setiap slide yang digunakan oleh Steve Jobs sarat dengan makna, bahkan jika beliau menggunakan animasi di dalam slide sekalipun.  Jarang sekali Steve Jobs menggunakan animasi yang menimbulkan distraction pada audiens.  Animasi yang digunakan oleh Steve Jobs biasanya untuk mendapatkan efek emosional dari audiens.  Contohnya animasi drop text effect pada kata-kata Netbook yang digunakan untuk memperlihatkan rendahnya kualitas Netbook.  Sementara setelah itu datanglah iPad dengan animasi yang sungguh meyakinkan & menunjukkan keperkasaan sebuah iPad pada gambar di bawah ini.

6.  Sentuh hati audiens dengan demonstrasi fisik.


Kepiawaian Steve Jobs dalam presentasi ditambah dengan kemampuan demonstrasi produk yang luar biasa.  Saya masih ingat waktu launching Macbook Air, Steve Jobs mengeluarkan Macbook Air dari dalam amplop besar untuk menunjukkan seberapa tipisnya Macbook Air tersebut.  Pada launching iPad ini, Steve Jobs memegang iPad-nya seperti gambar diatas untuk menunjukkan seberapa kecil, ringan & tipisnya iPad .  Akibatnya wow efek pun tercipta dimana penonton berdecak kagum dengan bentuk fisik dari iPad.  Jadi, gunakan demonstrasi fisik jika memungkinkan, apalagi jika anda menawarkan produk yang bisa dilihat secara fisik.

7. Tunjukkan kepada audiens, pengalaman menggunakan produk.


Memang sangat langka sekali seorang CEO yang begitu ahli mendemokan penggunaan produknya sendiri.  Steve Jobs tidak membutuhkan kepala bagian produk atau teknis untuk mendemonstrasikan iPad.  Beliau betul-betul menunjukkan pengalaman menggunakan iPad yang begitu mudah dan menyenangkan dengan tangannya sendiri.  Tunjukkan pengalaman penggunaan produk anda sendiri, maka audiens anda pun akan mempercayai bahwa produk anda memang luar biasa.  Tidak peduli apakah anda seorang CEO ataupun direktur Marketing, ada baiknya anda mulai mendemonstrasikan penggunaan produk anda sendiri, tanpa bantuan dari kepala bagian produk, dan rasakan perubahan yang terjadi dalam launching produk anda.

8. Gunakan angka dengan cerdas untuk meyakinkan audiens.


iPad adalah suatu produk baru, biasanya orang akan cenderung reluctant terhadap suatu produk baru.  Orang akan cenderung untuk takut menggunakan produk baru karena takut untuk menyesuaikan diri.  Steve Jobs dengan pintar menunjukkan fakta bahwa ada lebih dari 75 juta pengguna iPod & iPhone yang tau bagaimana menggunakan iPad karena "user experience" yang sama. Sungguh permainan angka yang cerdas, sehingga beliau membuat audiens tidak kuatir dengan cara penggunaan iPad.

9.  Save the price for the last.


Setelah membuai audiens-nya dengan kehebatan iPad, barulah Steve Jobs melakukan "Call to Action" dengan menyebutkan harga jual dari iPad.   Bahkan beliau menjelaskan bahwa Apple tidak hanya berusaha untuk menjadi superior dalam teknologi, tapi juga membuat iPad terjangkau harganya untuk kebanyakan orang dengan harga $499.  Steve Jobs tidak pernah menyebutkan harga produk sebelum ia menerangkan semua kelebihan produknya.

10.  Simpulkan presentasi anda dalam satu kalimat saja.


One word means a lot. Presentasi Steve Jobs boleh panjang, tapi beliau bisa menyimpulkan arti dari presentasinya hanya dalam satu kalimat saja.  Ini berarti pesan yang ingin disampaikan oleh Steve Jobs sangat jelas, sehingga cuma butuh satu kalimat untuk menjelaskannya.  Jadi, apakah iPad menurut Steve Jobs dalam 1 kalimat?
"Our most advanced technology in a magical & revolutionary device at an unbelievable price."
Itulah 10 jurus yang bisa dipelajari dari Steve Jobs sewaktu launching iPad, mudah-mudahan berguna untuk membuat presentasi kita berikutnya yang lebih baik.  Masih banyak yang bisa dipelajari dari beliau.



1 komentar

  1. wah gan, muantep bener .
    blog ini ane jadiin salah satu referensi ane soalnya blog saya juga hampir sama kaya punya agan .. :)

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb