10 Senjata Rahasia Hewan-Hewan Kecil

1.


Kumbang ini merupakan predator yang melakukan penyelaman saat berburu. Ia perenang yang baik, yang memakan ikan kecil sekalipun. Tidak ada mangsa aman, karena Thermonectus marmoratus juga bisa terbang dari satu kolam ke kolam lain. Jika diserang, kumbang ini akan memancarkan steroid beracun.




2.


Penjepit milik seekor earwig terlihat menakutkan. Penjepit itu bisa menyemprotkan bahan kimia yang berasal dari perutnya apabila ada yang ingin mengganggunya.


3.

Jika ada seekor semut mencoba menggigit ulat ngengat ini, Dalcerides ingenita, mulut si semut akan melekat pada lapisan lengket yang terdapat di kutil ulat itu.


4.

Kutu jenis ini, Apiomerus flaviventris, memiliki paruh untuk menyuntik mangsanya dengan cairan ludah berbisa. Gigitannya juga bisa menyakitkan kita. Selain itu, makhluk kecil ini mengeluarkan bau yang kuat untuk mempertahankan diri saat terganggu.


5. 

Mastigoproctus giganteus memiliki komponen asam cuka dalam dirinya yang bisa disemprotkan melalui bukaan kelenjar di dasar cambuk yang dapat menunjuk ke segala arah dengan akurasi tinggi.


6.

Efek racun kalajengking sangat bervariasi. Meskipun banyak orang takut kepada mereka, sengatan kalajengking sebagian besar terasa seperti sengatan lebah dan jarang fatal. Tetapi ada beberapa spesies yang berpotensi mematikan, termasuk kalajengking kulit yang terdapat di bagian barat Amerika.


7.

Ketika terancam, ngengat jenis Automeris io melebarkan sayapnya untuk mengungkapkan sepasang dari “mata” mengejutkan.


8.

Sengatan lebah bisa membunuh orang yang alergi. Lebih banyak orang di Amerika Serikat yang meninggal akibat sengatan lebah daripada patukan ular, laba-laba berbisa atau makhluk lain. Hanya lebah betina yang memiliki sengat. Lebah dapat mengarahkan sengatnya pada korbannya dan meninggalkannya di dalam tubuh korban. Racun baru terlepas ketika lebah pergi.


9.

Dalam perut Eurycotis floridana terdapat kelenjar yang menghasilkan sekresi dengan 40 komponen, termasuk asam, eter dan zat bau. Ia dapat menyemprotkan zat-zat itu sejauh 6 inci atau lebih. Efeknya bila terkena mata akan luar biasa menyakitkan.


10.

Banyak kaki yang dimiliki lipan (±100 kaki) membuat mereka tampak menyeramkan. Tapi, lihatlah taringnya! Taring itulah yang menyakitkan. Kebanyakan lipan memakan kutu, tetapi ada pula yang juga memangsa kodok dan tikus. Mengapa tidak? Tubuh mereka dapat tumbuh sepanjang hampir satu kaki.





3 komentar

  1. kecil2 tapi mematikan :D
    Happy New Year 2012

    BalasHapus
  2. artikel menarik bro. salam kenal ya...

    BalasHapus
  3. belajar biologi lagi di sini sobat, terima kasih

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb