10 Fitur Gmail Lab yang Mempermudah Hidup Anda



GMail adalah layanan email berbasis web yang cukup populer. Walaupun saat ini GMail bisa diakses lewat email client desktop seperti OutLook dan bisa diakses lewat Smartphone, GMail tetap lebih nyaman di akses lewat browser standar seperti Google Chrome atau Firefox.
 
Ada beberapa alasan mengapa membaca email di Browser lebih nyaman ketimbang di Smartphone, salah satunya adalah fitur GMail Lab. GMail Lab adalah fitur di Gmail yang masih dalam tahap uji coba, anda bisa mengakses fitur ini dari menuSetting-> lab, lihat deskripsinya dan enable. Sekedar catatan, aktifkan fitur yang bermanfaat saja bagi anda, karena makin banyak fitur yang di aktifkan, maka akan semakin lama loading GMail waktu dibuka.  Disini terdapat berbagai macam fitur yang bisa membuat hidup anda lebih mudah, karena banyaknya fitur yang ada di GMail Lab, saya akan merekomendasikan 10 Fitur di lab yang paling populer dan bermanfaat bagi anda. 


1. Inbox Preview
Inbox preview adalah fitur lab yang akan menampilkan tampilan "splash" dari inbox anda, saat GMail masih dalam proses loading, anda bisa melihat inbox anda, apakah ada email baru atau tidak.  

2.Unread message iconFitur ini menambahkan angka dari berapa email yang belum anda baca di favicon Gmail 

3. Message translation.Pernah dapat email dari kenalan di luar negri, entah jepang, arab atau amerika? nah, tentunya bingung kan? cukup pake fitur ini , maka anda bisa langsung menterjemahkan email tadi kebahasa indonesia atau bahasa lain yang di dukung google translate.
4. Undo SendPernah mengetik email dan email belum selesai di ketik, tanpa sengaja tombol send ter klik? atau pernah mau ngirim email tapi setelah di klik Send, ternyata email yang dituju salah? Gunakan saja fitur ini untuk mengundo nya

5. Google Calendar GadgetFitur ini akan menampilkan jadwal yang anda buat di Google Calendar, muncul di Halaman Gmail anda, sehingga anda tidak perlu membuka Google Calendar secara terpisah
6. Google Docs GadgetHampir sama dengan fitur no 5, hanya saja yang ditampilkandisini bukan Calendar, tapi daftar dokumen yang anda simpan di Google Docs.

7,Google Docs Previewfitur terakhir adalah fitur preview, fitur tersebut adalah Google docs preview, akan menampikan isi dokument doc, xls,ppt dan dokumen office standar di Gmail, jadi anda tidak perlu mendownloadnya kalo hanya sekedar melihat isinya apa,
8.Google Maps PrevewMenampilkan Peta, jika di Emailnya terdapat alamat lokasi, misal lokasi kantor pengrim atau misalkan jika email berupa undangan/event tertentu, maka lokasi event akan ditampilkan di Maps.

9.Flickr PreviewMenampilkan Gambar dari Flickr jika di dalam email terdapat link yang mengarah ke foto yang ada di FIickr.
10. Picassa PreviewMenampilkan Gambar dari Picassa jika di dalam email terdapat link yang mengarah ke foto yang ada di Picassa web Album.

Nah dengan 10 fitur ini, maka aktivitas ber-GMail-ria akan lebih ceria bukan? dan email tidak membosankan lagi sekarang? mo coba? login dulu ke GMail dan klik DISINI, yang akan membawa anda ke GMail Lab.


1 komentar

  1. Hmm, memang produk google paling mantep deh. :P, maklum ah udah jadi mba-mbah, makanya fitur-fiturnya juga mentep :D.

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb