10 Fakta Lucu dan Unik Tentang Google


Apa yang akan anda pikir saat seseorang berkata “Search Engine” atau “Mesin Pencari”.? Kemungkinan besar pasti anda akan menjawab Google, yang tak lain adalah mesin pencari terpopuler saat ini. Walaupun pertumbuhan komersial meningkat sukses, pemiliknya (Sergey Brin dan Larry Page) pernah berdebat tentang, “Google bukanlah perusahaan konvensional, kami tidak bermaksud menjadikan satu.”

Ini dia TOP 10 Fakta Unik dan Lucu tentang Google agar anda tidak penasaran lagi :

1)  Gambar Doodle Pertama pada Google

First Google Doodle
Page terkenal dari Google “Doodles” (itu loh kalau Google-nya ganti logo) sudah banyak dikenal dan ‘dinikmati’ orang-orang ketika ada event spesial atau hari-hari besar gitu. Tetapi tahukah anda kalau Google Doodle yang pertama dibuat dengan pesan “out of office”?

Pada 1998, Brin dan Page cuti untuk pergi ke festival Burning Man di Nevada. “The Burning Man Doodle” (pada gambar diatas), didesain oleh dua orang tersebut dan dipajang di homepage Google agar pengguna tau kalau mereka lagi cuti keluar kantor dan tidak bisa mengatasi masalah teknik seperti crash pada server.

2)  Harga yang Menarik dari Google IPO

Google IPO

Ketika harga awal untuk saham Google di Initial Public Offering (IPO) pada Agustus 2004, harga pembuka yang ditawarkan untuk saham Google hanya $85 per saham! Saat itu, harga sahamnya $483 tetapi melambung tinggi menjadi $600 di akhir tahun, membuat GOOG menjadi investasi yang lebih baik.

Bonus dari IPO tadi ialah nilai Google naik tajam sebanyak $2.718.281.828 (banyak angka 8-nya ya). Keliatannya seperti susunan angka biasa saja. Tapi 2.718.281.828 sebenarnya 10 digit pertama dari konstansa matematika “e”, menunjukan kompani mereka akan Go Public. Orang Google hanya seperti “innocent” dengan humor angka tadi.

3)  Penyimpanan Google Pertama Terbuat dari LEGO

Google storage

Hosting kebanggaan Google ketika melakukan projek penelitian yang bernama “BackRub”. Di Stanford memperlihatkan penyimpanan Google yang ORIGINAL yang dipakai saat 1996. Itu hanya bermemori 40 GB (size lebih kecil dari iPod sekarang) dan terbuat dari bentuk batu-batu yang menyenangkan dilihat, yaitu dari LEGO. Dan terdapat bentuk lucu pada bagian atasnya.

Alasan menggunakan LEGO ialah orang (karyawan) Google butuh barang yang mudah dikembangkan dan murah. Apakah warna primer dari bentuk batu-batu bersusun tadi digunakan untuk inspirasi warna-warna pada desain logo Google, sepertinya itu bukan suatu kebetulan.

4)  Tweet Pertama Google

Google first tweet

Post pertaman Google di twitter cukup aneh dan unik. Tweet-nya pada Februari 2009:
I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010.

Untuk yang ‘asing’ dengan biner, ini petunjuknya ~ Dikenal sebagai kata yang ada di homepage-nya Google. Dah tau? Ya, artinya : “I’m Feeling Lucky.

5)  Google Menyewa Kambing

Google rent goat

Ini merupakan salah satu lelucon April Mop : Google Rent out Goats. Yap, Google menyewa kambing dari kompani yang bernama California Grazing untuk menolong memotong (lebih tepatnya memakan) sejumlah rumput liar dan semak-semak di Google HQ.

Operasi tersebut mengerahkan 200 personel kambing, dan Google menyebutnya : “A lot cuter to watch than lawn mowers.” Artinya :”Tampak lebih lucu dilihat daripada mesin pemotong rumput biasa.

6)  Pengaruh Google di bahasa

Google on language

Jika anda pikir berita : Merriam-Webster dan Oxford English Dictionary menambah “Google” sebagai kata kerja ke dalam kamus mereka pada 2006 akan membuat Google terkejut, padahal sebenarnya Google biasa saja menanggapinya.

“Kami hanya ingin jelas bahwa anda hanya menggunakan ‘Google’ ketika anda merujuk kepada Google Inc. dan servis kami,” Tanggapan dari Google via blog post.

Google mempunyai Brand untuk dilindungi dan dikhawatirkan Google akan tergelincir dari status merk dagang menjadi penggunaan yang biasa. Just ‘Google it’!

Namun, kami menemukan beberapa kata yang bertemakan Google. ~ Staf Google umunya dipanggil ‘Googler’, dan ketika ada member baru join, maka mereka dipanggil ‘Noggler’. Noggler juga memakai pintalan warna-warni di atasnya.

Menurut karyawan lama, topi yang dipakai para Noggler cukup langka di kantor lain, malahan : “Setiap Noogler dapat papan nama dan balon senyman bewarna kuning.”

7)  Google yang Dog-Friendly

Google dog friendly

Google memang perusahaan yang “Super Dog Friendly”. Dengan bangga dipanggil “company dogs”, seperti Yoshka (gambar anjing di atas). Yoshka menemani Urs Holzle (senior VP operation) dan Google Fellow ke Googleplex. Karyawan juga diperbolehkan membawa anjingnya ke kantor.

Menurut “Dog Policy” (kebijakan anjing) oleh Google, satu kesembronoan itu terlalu banyak di karpet Google, atau kelakuan agresif, berarti Lassie akan tinggal di rumah selamanya. Kencing yang ‘jress’ dan anjing yang baik lebih dipersilakan melewati kampus.

Ini satu kutipan langsung dari Google : “Kasih sayang Google untuk teman anjing kami adalah segi integral dari budaya korporat kami. Kami suka kucing, tetapi kami adalah Dog Company, kucing akan stres jika mengunjungi kantor kami.”

Ups, kucing sepertinya tidak diperbolehkan.

8)  Snack Google Pertama Ialah ‘Swedish Fish’

Google snack

Di Februari 1999, permen kunyah “Swedish Fish” menjadi snack pertama yang dipesan di kantor Google.

Meskipun event yang kecil, tapi itu menjadi hal yang besar. Google bukan hanya menyediakan minuman gratis dan snack pada karyawannya, tetapi juga berbeque setiap musim panas.

Brin dan Page pernah dikutip mengatakan “Tidak ada Googler yang pergi lebih dari 100 kaki untuk makanan. "Microkitchen" (dapur kecil) sudah ditempatkan di sekitar kantor. Disana juga ada Google gym. Googler mengkonsumsi kira-kira 5.500 pound untuk coklat dari lemari microkitchen pada 2007. Wow!

9)  Logo Google Belum Ditengahkan Sebelum 2001

Google logo not centered

Homepage Google memang mempunyai desain yang klasik. Sebelum 31 Maret 2001, logo Google belum ditengahkan atau Left-Hand Side.

10)  Google Mempunyai Perusahaan Dinosaurus

Google company dinosaur

Banyak sekali hal yang menarik untuk dilihat di Googleplex, tetapi satu yang paling menawan yaitu tulang T-Rex raksasa yang dipanggil “Stan” setelah Dino ‘beneran’ ditemukan didekatnya.

Mengikutkan Stan sebagai hiasan kampus yang unik denagan replika SpaceShipOne, tema Android yang hebat, flamingo pink, manusia LEGO gede, kotak telfon yang bewarna kayak Google, dan lubang bola yang mengembang. Tinggal di Googleplex pasti jauh dari rasa sepi.


8 komentar

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb