10 Widget Pilihan Untuk Mempercantik Blog Atau Website


Blog itu seperti wanita. Semakin cantik wanita itu, semakin banyak pula peminatnya. Begitu juga dengan blog. Semakin cantik penampilannya, maka semakin banyak pengunjung yang betah di blog itu. Mempercantik blog memang diperlukan supaya blog kita terlihat rapih.
Dengan begitu, pengunjung yang mampir-pun akan betah dan sering mengunjungi blog kita lagi. Banyak cara untuk mempercantik blog, diantaranya adalah memilih template dan warna yang tepat. Widgetpun juga diperlukan untuk membuat blog kita lebih terlihat indah. Nah, berikut ini adalah 10 widget pilihan untuk mempercantik blog.


1. Kotak PencarianWidget ini sangat berguna untuk memudahkan pengunjung menemukan isi blog sobat. Widget ini disediakan oleh blogger. Kalau yang di sidebar kanan atas blog ini adalah kotak pencarian google adsense (terang-terangan) hehehe.

2. Widget AlexaWidget alexa ini untuk memberitahukan status alexa rank blog kita. Pilihan widget-nya kalo gak salah ada 3 macam. Widget ini bisa didapatkan dari situs alexa-nya sendiri.

3. Widget Page RankIni berfungsi untuk mengetahui page rank blog kita. Widget ini bisa didapat dari pagerankchecker.infomypagerank.net, dan situs lain. Banyak kok yang menyediakan widget ini.

4. Feedburner CountWidget ini untuk mengetahui jumlah sobat yang berlangganan blog kita. Contohnya ada di sidebar kanan blog ini. Widget ini bisa didapatkan dari feedburner.com.

5. Web/Blog CounterWidget ini untuk menghitung jumlah pengunjung blog kita. Banyak sekali penyedia widget web/blog counter. Silahkan dicari sendiri di google. Tapi, salah satu yang paling terkenal adalah histats.com.

6. Flag CounterFlag counter memiliki fungsi yang sama dengan blog counter. Tapi bedanya, flag counter ini juga menampilkan dari negara mana pengunjung itu berasal dengan lambang bendera. Contohnya, bisa dilihat di bagian bawah blog ini. Klik aja kalo mau widget-nya. Jangan khawatir, ini bukan iklan. Soalnya, saya lupa alamatnya (hehe).

7. Mybloglog Recent ReadersWidget dari mybloglog ini menampilkan avatar dari para pengunjung blog sobat. Widget ini cukup populer tapi, saya tidak memasangnya karena memang widget ini memakan tempat (space) blog dan menambah berat loading page blog.

8. Shoutbox/Guestbox/BukutamuWidget ini seperti kotak komentar. Ini lebih mudah digunakan untuk menjalin persahabatan sesama blogger karena biasanya widget ini digunakan untuk menyapa saat mampir di blog. Banyak penyedia widget bukutamu ini seperti shoutmix, oggix, dll.

9. Recent PostWidget ini berfungsi untuk menampilkan artikel terbaru. Contohnya, ada di sidebar kiri blog ini. Untuk mendapatkan widget-nya, coba cari aja yah di search engine ya. Banyak kok yang nyediain.

10. Recent CommentWidget ini sangat berguna bahkan lebih berguna dari recent post. Kenapa? Widget ini berfungsi menampilkan komentar terbaru di blog kita. Jadi, kita bisa tau kalo ada komentar yang masuk. Memangsih widget ini tidak terlalu berguna jika blog hanya memiliki beberapa posting. Tapi, jika blog memiliki ratusan posting, bagaimana kita mengetahui komentar yang masuk? Jadi, widget ini sangat saya sarankan. Cari aja widget ini di search engine (mesin pencari). Kalo nggak, blogger juga udah nyediain widget ini. Untuk recent post juga.
sekian dari saya.semoga bermanfaat buat anda semua nya :D


9 komentar

  1. cuma masang 3 dri yg dsebut diatas

    BalasHapus
  2. Nice post gan.,, klo d blog saya yg terpasang hnya yg No 2, 3, ama 8 .. he !! :)

    Happy Blogging sahabatku.!

    BalasHapus
  3. linknya udah dipasang sob , :D
    oya , aq boleh mnta bantuan bwt promosiin artikelq ini di blog kamu ? heheee
    salam persahabatan :D

    BalasHapus
  4. nice share....
    keep blogging!!!

    BalasHapus
  5. Beer-bener mantap blog sobat...
    tata letaknya pas.. pengent ni..
    terus berkarya... !!!

    BalasHapus
  6. Thankz dah share artikel bagus ini gan, jgan lupa kunjungan baliknya dan berkomentar di blog saya

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum....
    Posting yg sangat bermanfaat sob
    khususnya untuk blogger pemula seperti saya
    thanks infonya ya
    jgn lupa kunjungan balik sobat sangat dihargai...hehe

    BalasHapus

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb