10 Situs Terpopuler di Indonesia

ndonesia. Adalah negara yang penuh dengan SDA (Sumber Daya Alam). Tetapi masih minim akan SDM (Sumber Daya Manusia). Hal itu dibuktikan dengan masihnya mengimpor barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, peralatan memasak, komputer, alat kendaraan, dan lain-lain. Namun sekarang saya tidak akan membahas tentang ilmu ekonomi tersebut. Saya akan membahas 10 situs terpopuler di Indonesia. Kenapa saya memilih Indonesia? Ya karna saya asli orang Indonesia dan cinta terhadap bangsa sendiri. Coba kalau saya lahir di Inggris. Mungkin saja sekarang saya akan membahas 10 situs terpopuler di Inggris. Ya sudah bagi yang mau buang air kecil atau BAB silahkan pergi ke kamar mandi yang sudah saya siapkan di pojok kanan sana. Saya mau melanjutkan postingan ini.
Berikut daftar 10 Situs Terpopuler di Indonesia menurut Alexa:

  • Klik judulnya,makan akan menuju situs tersebut :D


Siapa sih yang enggak kenal sama dia? Situs buatan Mark Zuckerberg yang dinamakan Facebook berhasil menempatkan posisinya sebagai situs nomor satu di negeri kita ini. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa situs ini adalah 'rajanya' situs di Indonesia. Lah wong ada 23.781.260 pengguna aktif! Mulai dari bocah sampai orang tua pun rajin mengupdate atau memperbaharui status Faceebooknya (termasuk saya hehehe). Facebook sangat digandrungi oleh masyarakat karena tampilannya simpel, bisa diakses melalui HP, bisa dijadikan saran belajar-mengajar dan bisnis, ataupun sebagai tempat untuk mencari jodoh.


Kenapa saya menulis 'Google' dengan tambahan 'Indonesia'? Karena menurut sepengetahuan saya Google itu punya cabang di setiap negara. Domain Google pun disesuaikan dengan kode domain di tiap-tiap negara. Misal Mbah Google buka lapak di Jepang. Maka domainnya adalah www.google.co.jp. Bagi yang tinggal di Indonesia atau IP Address Indonesia sobat tidak akan dapat mengakses www.google.com dan jika sobat mengakses www.google.comredirect (dialihkan) ke www.google.co.id. Kenapa? Silahkan cari infonya sendiri karna saya juga gak tau :). maka akan langsung di

3. Google



Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008). Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. Saya juga enggak tau kenapa situs www.google.com bisa menempatkan pada posisi ke-3 pada 10 situs top di Indonesia. Padahal penggunanya akan langsung dialihkan ke www.google.co.id kalau mencoba mengakseswww.google.com. Ada yang tau kenapa?


Setelah si Bapak pencarian di internet menduduki pada posisi ke-2 dan ke-3 kini anak dari perusahaan tersebut menempel pada posisi ke-4, yaitu Blogger. Blogger merupakan sebuah layanan publikasi blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Banyak situs-situs profesional yang dihasilkan oleh Blogger. Seperti situsnya sobat ini :).

5. Yahoo!

Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa. Yahoo! didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo. Kata "Yahoo!" diambil dari ungkapan keberhasilan Jerry Yang dan David Filo.

6. KasKus

KasKus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia dan penggunanya disebut denganKaskuser. KasKus adalah singkatan dari Kasak Kusuk. Kaskus diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan. Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.


YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video diYouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki pluginFlash Player.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja. Negara-negara lain yang pernah atau masih memblokir YouTube antara lain Arab Saudi, Armenia, Brasil, Iran, Moroko, Republik Rakyat Tiongkok, Suriah, Thailand, Turki, Uni Emirat Arab, dan Pakistan.


WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.


4shared adalah penyedia penyimpanan berkas dalam jaringan yang berasal dari Ukraina yang didirikan pada tahun 2005 di Kiev oleh Alex Lunkov dan Sergey Chudnovsky. 4shared memiliki sekitar 5.300.234 pengguna, 11.000.222 kunjungan harian, 940TB berkas-berkas yang disimpan dalam 4shared dan 317TB transfer berkas setiap hari. 



Detikcom ialah sebuah portal web yang berisi berita aktual dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi online dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal-hal berita baru (breaking news).





2 komentar

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb