10 Pohon Tertua di Dunia

Bayangkan makhluk hidup yang telah hidup selama berabad-abad sebelum orang Babylonia Kuno yang pertama memulai mengukur Waktu seperti yang kita ketahui sekarang. Inilah saksi hidup Perkembangan Zaman, mulai dari kelahiran Yunani dan Kekaisaran Romawi hingga perkembangan agama Islam, Kristen, dll. Pohon-pohon ini telah hidup melewati berbagai perkembangan iklim dan musim dari berabad-abad silam.Inilah dia Pohon Tertua di Dunia

1. METHUSELAH
Diantara makhluk hidup di Bumi, yang tertua dari semuanya bernama Methuselah, dengan umur 4800 tahun. Methuselah merupakan jenis pinus Basin Bristle-cone. Terletak di sebuah jalan kecil (nama jalan dinamakan Methuselah juga) di Nevada. Di jalan tersebut sebelumnya juga terdapat pohon tua lainnya yang bernama Prometheus, namun sayangnya harus ditebang pada tahun 1964 karena kerusakan parah.

Spoiler for Methuselah




2. SARV -E -ABARKOOH
Pohon Sarv-e-Abarkooh jenis Pohon Cypress yang berusia 4000 tahun dan terletak di Abarkooh, Iran. Pohon ini juga dikenal dengan sebutan "Zoroastrian Sarv". Pohon ini memiliki tempat tersendiri di hati orang-orang Iran, menurut kepercayaan religiusnya.
Spoiler for Sarv-E-Abarkooh




3. LLANGERNYW YEW
Contoh lain Pohon Kuno yang benar-benar hidup adalah Llangernyw Yew, di Wales. Jenis Pohon Yew yang biasa terdapat di Pemakaman biasa tidak memiliki umur yang terlalu panjang, tapi Pohon yang satu ini benar-benar ekstrim. Usianya diperkirakan sekitar 4000-5000 tahun, benar-benar luar biasa.
Spoiler for Llangernyw Yew




4. ALERCE
Dikenal juga dengan sebuta Fitzroya, Pohon ini diketahui berusia 3600 tahun. Jenisnya adalah Cypress Patagonia, berada di Pegunungan Andes, selatan Chili dan Argentina. Ini adalah Pohon hjau yang sangat besar , jenis pohon terbesar di Amerika Selatan, biasanya tumbuh denga tinggi 40-60 meter (131-196 ft, tetapi kadang-kadang lebih dari 70 meter di Argentina) dan lebar diameter batangnya mencapai 5 meter.
Spoiler for Alerce




5. THE SENATOR
Dikenal juga dengan sebutan The Bald Cypress, berasal dari Florida, Amerika Serikat. Telah berusia sekitar 3400-3500 tahun, memiliki volume 5100 kaki kubik hingga menjadikannya yang terbesar dari jenisnya di Amerika Serikat serta pohon terbesar dari setiap spesies timur Sungai Mississippi. Pada tahun 1925, sebuah badai menghancurkan bagian atas pohon, mengurangi ketinggian aslinya dari 165 kaki (50 m)
Spoiler for The Senator




6. PATRIARCA DE FLORESTA
Dikenal juga dengan sebutan Jequitibá-rosa, berada di Vassununga State Park, Brazil dan merupakan salah satu Pohon terbesar di Hutan Atlantik. Usianya diperkirakan 3050 tahun. Tingginya mencapai 49 Meter dan memiliki keliling 16 meter (atau membutuhkan sekitar 10 rang untuk dapat melingkarinya).
Spoiler for Patriarca




7. ALISHAN SACRED
Pohon ini berada di Taiwan, berusia sekitar 3000 tahun. Tingginya mencapai 60 meter dengan diameter batangnya mencapai 7 meter. Disana juga merupakan tempat khusus bagi penduduk setempat yang beragama Budha. Pada tanggal 1 Juli 1997 pohon ini tumbang di akibatkan hujan badai.
Spoiler for Alisha sacred




8. CHESTNUT OF 100 HORSES
Pohon Chestnut tertua di dunia dan dikenal sebagai "Tree of 100 Horses". Terdapat di jalan Linguaglossa, San D'Alfio, lereng Gunung Etna, Sisilia. Pohon ini merupakan jenis pohon Chestnut yang tertua di dunia dengan usia sekitar 2000-4000 tahun. Pohon ini juga terdaftar di Guiness World Records sebagai "Greatest Tree Girth Ever" dengan keliling mencapai 57.9 m (190 ft) saat diukur pada tahun 1780, Luar biasa.
Spoiler for Chestnut 100 Horses




9. THE GENERAL SHERMAN
Pohon raksasa yang berdiri setinggi 275 kaki dan meiliki keliling 102 kaki ini dapat ditemui di Taman Nasional Sequioa. Pada tahun 2002, volume batangnya mencapai 1487 meter kubik dan merupakan pohon dengan volume batang yang terbesar di dunia. Pohon ini diperkirakan berumur 2300-2700 tahun. Pada tahun 1879 pohon ini dinamakan demikian berdasarkan nama Jenderal Perang Sipil Amerika yang bernama William Tecumseh Sherman.
Spoiler for General Sherman




10. THE JOMON SUGI
Akhirnya kita sampai pada pohon yang termuda diantara pohon-pohon diatas, meskipun sebenarnya usia aslinya tidak dapat diprediksi dengan jelas karena bagian dalam batang sudah terlalu busuk untuk dianalisa. Perkiraan usianya adalah sekitar 2170 tahun, sampai 7200 tahun. Pohon ini terletak di Yakushima, Jepang.

Spoiler for Jomon Sugi



   Source

Tidak ada komentar

Poskan Komentar

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih telah membaca artikel ini.Sepatah kata dari sobat sangat berharga bagi saya & jika ada pertanyaan sobat bisa berkomentar dan centang "Subscribe by email" jika ingin mendapatkan jawabannya.Berikut beberapa syarat dalam berkomentar di blog ini :
1.Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
Wassalamu'alaikum Wr.Wb